Free Download Ebook dan Jurnal untuk Referensi Skripsi

Hei, kalian yang sedang menyusun skripsi! Mahasiswa-mahasiswa penyusun skripsi ini pasti ada yang sedang kebingungan. Kebingungan dengan beragam permasalahan seputar penyusunan skripsi. Permasalahan-permasalahan tersebut di antaranya:

  • menentukan judul (apa ya yang harus saya teliti?);
  • tidak mengerti dalam merumuskan masalah (apa ya masalahnya, sepertinya semua baik-baik saja);
  • memilih metodologi penelitian (saya sudah punya masalah, lalu bagaimana? Apa yang harus saya lakukan untuk menjawab masalah ini?); dan
  • rawan tersesat (harus tanya siapa ya? Pembimbing sibuk, perpustakaan tutup, kuota internet tidak punya, wifi gratisan lambat, waduh).

Langkah pertama untuk menjawab semua permasalahan di atas adalah kalian harus banyak baca. Iya, dong. Harus malah. Kalau kalian banyak membaca referensi setidaknya akan memberikan pencerahan tentang gambaran topik penelitian yang ingin dikaji. Hasil membaca ini membuat kalian dapat menyusun beberapa rumusan masalah untuk didiskusikan lebih lanjut dengan pembimbing. Karena itu, pembimbing bukan tempat kalian bertanya seperti ini, “Pak/Bu, saya harus meneliti apa ya? Kira-kira penelitian apa yang cocok untuk saya?”

Pertanyaan itu adalah untuk kalian sendiri. Kalian yang harus coba menjawabnya. Jawaban pertanyaan di atas hanya dapat diperoleh dari banyak membaca. Kalau kalian tetap tanya seperti itu ke pembimbing justru nanti dijawab, “Kamu sudah baca buku apa saja? Coba kamu kumpulkan jurnal kekinian dan baca semuanya, nanti laporkan ke saya. Setelah itu, baru kita diskusikan bersama penelitian apa yang dapat kamu lakukan.”

Nah, kan. Kalian harus banyak membaca referensi ya. Cari dan kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya dan jangan lupa dibaca. Kalian harus rajin ke perpustakaan, keluarkan lagi buku-buku perkuliahan di awal-awal semester. Mungkin buku-buku kalian itu sudah berdebu. Anehnya, buku kalian ini masih licin, rapi, dan tidak kusut sama sekali. Hm, kalian sudah baca bukunya belum?

Sayangnya, sebagian kalian yang sudah bersemangat mencari dan mengumpulkan buku referensi ini tersendat. Penyebabnya, tidak banyak buku fisik yang bisa kalian peroleh apalagi buku-buku rujukan berbahasa Inggris. Kemudian, kalian mulai mencari ebook atau electronic book dalam bentuk pdf dengan harapan dapat diunduh secara gratis. Akan tetapi, kalian pun merasa kesulitan untuk memeroleh ebook dan jurnal secara gratis. Beberapa situs dari hasil googling menampilkan ebook dan jurnal yang ingin kalian miliki ini berbayar. Lantas bagaimana solusinya? Jangan khawatir. Coba deh ikuti cara-cara berikut ini supaya kalian bisa download ebook dan jurnal, FREE!

Ebook

  1. BookZZ (http://bookzz.org/) atau BookFI (http://en.bookfi.net)

Gunakan BookZZ atau BookFI untuk memeroleh ebook gratis yang sedang kalian cari, terutama rujukan berbahasa asing. Untuk ebook berbahasa Indonesia selain kamus, hampir semuanya berbahasa asing (Inggris, Spanyol, Prancis, Rusia, Jerman). Dalam satu hari, BookZZ memberi batasan hanya 5 (lima) ebook saja yang dapat kalian unduh. Supaya bisa mengunduh lebih dari 5 ebook sehari, lebih baik kalian daftar akun saja. Daftar akun ini juga gratis. Kalau kalian sudah punya akun, maka dalam sehari kalian dapat mengunduh 10 (sepuluh) ebook.

  1. EnglishTips (http://englishtips.org/)

EnglishTips sama halnya dengan BookZZ. Biasanya, kalau kalian tidak menemukan ebook yang kalian cari di BookZZ atau sudah dihapus, kalian bisa memerolehnya di EnglishTips. Untuk mulai melakukan pencarian ebook di situs ini, kalian harus mendaftar akun terlebih dahulu dan terverifikasi. Setelah itu, kalian bisa langsung ketikkan judul buku di kolom ‘Search’. Saat ebook yang kalian inginkan muncul, klik ‘More’. Scroll ke bawah hingga kalian temukan ‘Mirror’ dan klik. ‘Mirror’ ini akan menampilkan beberapa alternatif link unduhan tempat penyimpan ebook yang kalian cari tersebut. Perhatikan gambar berikut terutama pada kotak garis kuning.

englishtips-org

EnglishTips.org

  1. Library Genesis (http://libgen.me/)

Libgen atau singkatan dari Library Genesis merupakan induk penyimpan ebook yang meliputi situs BookZZ. Database pada situs BookZZ melalui sinkronisasi dari situs Libgen. Dengan kata lain, Libgen lebih lengkap daripada BookZZ. Libgen dapat dirujuk apabila ebook yang dicari di BookZZ tidak ada karena ada beberapa ebook di Libgen yang tidak tersedia di BookZZ. Akan tetapi, tampilan BookZZ tampak lebih user friendly, sehingga langkah pertama pencarian ebook cenderung mencari di BookZZ.

  1. Sách Việt Nam (http://sachviet.edu.vn/)

Dibaca dari namanya, situs penyimpan ebook ini berasal dari Vietnam. Sebagaimana situs-situs serupa lainnya sebagai penyimpan ebook, situs ini pun memiliki database ebook yang beragam bahkan beberapa ebook dari situs ini tidak tersedia di situs lainnya. Sebagai contoh, untuk ebook referensi berbahasa Jepang cukup banyak tersedia yang di situs serupa lainnya cukup sulit didapatkan. Cara mencari dan mengunduh ebook di situs ini ialah cari bar pencari dengan sedikit scroll ke bawah. Perhatikan gambar berikut terutama pada area yang dikotak dengan garis kuning.

viet

SachViet.edu.vn

  1. Open Library (https://openlibrary.org/)

Situs Open Library ini dapat dijadikan alternatif pencarian referensi buat kalian. Berbeda halnya dengan BookZZ dan EnglishTips, ebook yang tersedia di Open Library hanya dapat dibaca dan dipinjam. Kalian hanya dapat membaca secara online. Atau apabila ebook yang kalian cari tersebut tertera dapat dipinjam (borrow), maka kalian dapat mengunduh ebook tersebut untuk dibaca offline. Kalian harus daftar terlebih dahulu supaya memiliki akun di Open Library. Ebook yang sudah dipinjam (berhasil diunduh) hanya dapat dibaca dengan menggunakan Adobe Digital Edition. Kalau kalian belum memiliki Adobe Digital Edition, kalian harus mengunduhnya dahulu di sini. Ebook yang behasil diunduh ini hanya bersifat meminjam. Artinya, unduhan ebook yang kalian pinjam tersebut dapat dibaca secara offline selama dua minggu. Setelah dua minggu, kalian tidak dapat membaca ebook ini secara offline.

Selain ebook, mahasiswa perlu memperkaya daftar acuan dengan literatur terkini tentang penelitian yang akan mereka teliti. Daftar acuan berupa ebook atau buku tidak cukup karena update kajian dalam buku tidak cepat menangkap fenomena ranah penelitian terkini. Referensi penelitian harus mengambil literatur berupa jurnal. Referensi berupa jurnal ini tidak dapat dicari begitu saja dengan pencarian langsung di Google. Jurnal-jurnal yang harus kita rujuk dalam penelitian kita adalah jurnal yang bereputasi

Jurnal

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (http://www.perpusnas.go.id/beranda/)

Perpustakaan Nasional menyediakan cukup banyak akses ke penerbit jurnal bereputasi yang dapat kita manfaatkan untuk menunjang literatur penelitian kita. Caranya mudah saja supaya kita dapat mengakses pelbagai jurnal di perpustakaan nasional, yakni klik daftar dan siapkan kartu identitas untuk mengisi semua data diri yang diperlukan. Setelah berhasil daftar dan mendapatkan nomor anggota, simpan nomor anggota ini untuk masuk akun. Akses jurnal di perpusnas ini ada beberapa yang tidak sepenuhnya tersedia full text atau tidak dapat diunduh gratis. Sebagian besar, kita yang banyak menelusuri pencarian akan dapat menemukan akses jurnal untuk diunduh full text. Penerbit jurnal bereputasi yang dapat saya rekomendasikan adalah ProQuest, Sage, Taylor & Francis, EBSCO, IGI.

perpusnas

Perpusnas

  1. DOAJ (https://doaj.org/)

DOAJ ini merupakan destinasi berbagai jurnal dengan akses terbuka (open access) yang artinya adalah jurnal-jurnal ini tersedia full text, dapat kita unduh, dan menghasilkan pencarian yang sangat masif. Tersedia sampai ribuan dari hasil pencarian jurnal dengan kata kunci yang kita ketikkan di kolom pencarian. Jurnal-jurnal hasil pencarian ini merupakan sinkronisasi dari pelbagai jurnal di universitas, institusi pendidikan lainnya di seluruh dunia. Apabila kita menggunakan DOAJ, kita akan menemukan hasil pencarian yang begitu banyak. Namun, kita dapat mempersempit hasil pencarian dengan memilih kriteria tertentu sesuai yang kita butuhkan.

  1. Exemplar (http://www.springerexemplar.com/)

Di situs ini kalian dapat melihat variasi tren topik penelitian yang kalian cari dari tahun ke tahun. Kita dapat melihat seberapa banyak topik yang menjadi minat kita ini tersedia di database Exemplar. Di Exemplar, untuk memilih jurnal dengan akses terbuka dapat dilakukan dengan mengklik situs bawah kiri dan mempersempit area kajian bidang ilmu di bar sebelah kiri, sesuai dengan keilmuan kita.

  1. ERIC (https://eric.ed.gov/)

ERIC menyediakan akses jurnal dengan pilihan yang sudah melalui review bestari dan yang tidak kalah penting ialah dapat diunduh full text. Selain akan menampilkan hasil pencarian dari topik yang sedang kita cari, ERIC ini juga menampilkan jumlah suatu topik penelitian dalam kurun waktu tertentu. Informasi tersebut berguna untuk menemukan varian atau rumusan masalah baru dari beberapa penemuan penelitian, sehingga mampu menghasilkan penemuan penelitian yang lebih signifikan.

  1. ScienceDirect Open Access (http://www.sciencedirect.com/science/jrnlallbooks/all/open-access)

Sama seperti halnya situs rujukan yang sudah dibahas sebelumnya, di situs ScienceDirect Open Access peneliti dapat memaksimalkan sejumlah artikel jurnal yang dapat diunduh sesuai dengan topik penelitian si peneliti. Fokuskan pencarian literatur untuk studi pustaka secara spesifik sehingga menampilkan hasil pencarian yang komprehensif.

Referensi lainnya

  1. Google Scholar (https://scholar.google.co.id/)

Peneliti dapat memanfaatkan situs Google Scholar terutama untuk membuat daftar pustaka di penulisan penelitian kita. Google Scholar mempermudah peneliti untuk menyusun dan menuliskan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan menurut APA atau MLA. Selain, untuk keperluan sitasi pada daftar pustaka, peneliti dapat menggunakan Google Scholar untuk menemukan ragam literatur yang terkait dengan topik penelitian dengan menyinkronkannya pada sumber lainnya. Di akhir penulisan penelitian, peneliti dapat membuat akun di Google Scholar untuk menyimpan hasil penelitian yang sudah dilakukan sehingga dapat diakses oleh mesin pencari Google.

•••

Karin Sari Saputra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s